Air merupakan salah satu elemen terpenting dalam kehidupan. Air juga dijadikan sebagai faktor pembanding kualitas kehidupan. Semakin berkualitas air yang digunakan seseorang, semakin berkualitas kehidupan orang tersebut. Sayangnya, dari 220 juta penduduk Indonesia, baru sekitar 18 % yang bisa terlayani dengan baik oleh jasa penyediaan air minum (PDAM) sedangkan persentase penduduk yang tanpa akses pada air bersih yang aman diperkirakan 44.8 %. Untuk itu, dibutuhkan suatu teknik pengolahan air minum yang handal dan berkelanjutan agar kebutuhan akan air minum dapat terpenuhi.

Penyediaan air minum tersebut tidak terlepas dari teknik pengolahan air yang digunakan. Teknik ini umumnya berbasis pada proses fisika-kimia dan memerlukan dasar pengetahuan yang kuat serta inovasi dan kreativitas dalam menerapkan kaidah-kaidah teoritis ke dalam aplikasinya ataupun menggali aspek teoritis dari pengaplikasian teknik yang digunakan.

Proses pengolahan bertujuan untuk menghilangkan bahan berbahaya / polutan yang terkandung dalam limbah untuk dijadikan air bersih sehingga bisa digunakan sebagai bahan baku air minum.

Melalui paket pelatihan Industrial Environmental Process, diberikan metode proses pengolahan air dan limbah cair di industri ataupun rumah tangga untuk keperluan air minum dan air proses.

Pelatihan ini terdiri dari:

  1. Fundamentals of Water Treatment Process
  2. Advanced Water Treatment Process
  3. Fundamentals of Waste Water Treatment Process
  4. Advanced Waste Water Treatment Process