Kelompok pelatihan ini memberikan konsep pengendalian proses, karakteristik proses, serta aplikasinya pada industri menggunakan Distributed Control System (DCS) dan Programmable Logic controller (PLC). Topik-topik pengenalan dan pengoperasian baik itu DCS maupun PLC yang disampaikan meliputi operating and monitoring function & alarm processing, fungsi keamanan, fungsi logika dan sekuensial, report management. Disampaikan pula sistem logika secara praktis, meliputi berbagai sistem interlock yang lazim dijumpai pada pengendalian proses di industri. Praktek dan studi kasus dilaksanakan menggunakan simulator plant yang tersedia.

Kelompok pelatihan Process Control & Automation meliputi:

  1. Pelatihan Programmable Logic Controller & Distributed Control System
  2. Pelatihan Programmable Logic Controller Fundamental
  3. Pelatihan Programmable Logic Controller for Process Control
  4. Pelatihan Programmable Logic Controller for Safety Instrumented System
  5. Pelatihan Distributed Control System Fundamental
  6. Pelatihan Distribured Control System Fundamental untuk Teknik Pengendalian Proses
  7. Pelatihan Distributed Control System Advance untuk Teknik Pengendalian Proses
  8. Pelatihan Engineering Design
  9. Pelatihan Combustion Engineering

Sekilas Pelatihan Process Control with Distributed Control System:

Sistem pemantauan, operasi dan pengendalian proses industri telah memasuki era baru seiring dengan meningkatnya penggunaan Distributed Control System (DCS). DCS menyediakan fasilitas dan kemudahan untuk implementasi pengendalian operasi dan monitoring proses yang melibatkan besaran proses serta lingkar pengontrolan dalam jumlah banyak. Kemampuan untuk memaksimalkan fasilitas DCS tersebut adalah aset penting untuk meningkatkan kinerja dan profitabilitas industri.

Pelatihan ini akan membekali peserta dengan teknik pengendalian proses serta penguasaan menyeluruh tentang fasilitas dan pemanfaatan DCS untuk keperluan tersebut. Materi pelatihan meliputi pengenalan fungsi DCS, karakteristik dan pengendalian proses, pemantauan besaran proses, penerapan kendali regulatory dan sekuensial pada DCS, pembuatan grafik dan loop drawing berikut pengujiannya dengan function test. Juga dibahas tentang fungsi alarming dan fasilitas manajemen meliputi fungsi pelaporan dan pengaturan hak akses.

Penyajian materi dilakukan dalam bentuk tutorial, demonstrasi dan praktikum dengan simulator pabrik yang dikendalikan oleh DCS. Selain kelas reguler ini, tersedia pula paket customised training serta inhouse training sesuai kebutuhan industri.

Sekilas Pelatihan Programmable Logic Controller:

Programmable Logic Controller (PLC) merupakan mesin cerdas yang semakin banyak digunakan dalam otomasi industri proses. Untuk merancang dan membangun program PLC secara sistematis telah disepakati suatu standar IEC-61131 yang berbentuk Sequential Function Chart.

Pelatihan ini akan membekali peserta dengan pemahaman yang menyeluruh tentang PLC dan pengoperasiannya, meningkatkan kompetensi dalam memahami ataupun menyusun program pada PLC, dan mampu memilih PLC untuk tujuan yang spesifik di lingkungan kerja masing-masing.

Materi pelatihan meliputi pengenalan cara kerja dan kemampuan PLC serta cara membuat program pada PLC untuk mengimplementasikan fungsi otomasi. Tata cara pemrograman secara sistematis diberikan mulai dari pemrograman logika dasar, hingga penggunaan fasilitas timer dan counter. Teknik pemrograman yang dibahas meliputi program konvensional menggunakan Relay Ladder maupun Sequential Function Chart. Pelatihan ini juga mengajak peserta untuk mengenali fitur-fitur utama dari sejumlah PLC komersil (Siemens, Modicon, Omron, Allen Bradley).

Penyajian materi dilakukan dalam bentuk tutorial demonstrasi dan praktikum dengan simulator proses yang dikendalikan melalui PLC.

Sekilas Pelatihan Engineering Design:

Dalam perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem instrumentasi sangat diperlukan pengetahuan dan kemampuan mengenai standar-standar teknis dan kode-kode yang berlaku. Pemahaman mengenai kode dan standar bertujuan sebagai dasar dalam pengoperasian sistem, menciptakan keamanan dan meningkatkan kualitas produk.

Pelatihan ini akan membekali para pelaku sistem otomasi dan kontrol industri dengan pengetahuan mengenai standar dan kode perancangan, spesifikasi, instalasi dan evaluasi kinerja berbagai instrumen utama.

Sekilas Pelatihan Combustion Engineering:

Pembakaran merupakan bagian penting pada sistem boiler yang menghasilkan uap air bertekanan tinggi yang dibutuhkan untuk pembangkitan daya maupun proses steam reforming pada industri petrokimia. Industri saat ini, harus memandang pentingnya sumber daya manusia pelaksana yang mampu mengoperasikan, memelihara serta mengoptimumkan sistem pembakaran, agar sistem tersebut dapat berjalan secara optimal dan hemat energi. Berbekal pengetahuan ini, para pelaksanaa mampu memahami gangguan apa saja yang mempengaruhi pembakaran yang berlangsung, juga hal-hal yang perlu diantisipasi sehingga upaya pemeliharaan sistem pembakaran dapat berlangsung dengan meminimalkan downtime.