Dewasa ini penelitian-penelitian dalam bidang otomasi, kontrol dan instrumentasi telah mendorong perkembangan yang sangat pesat pada teknologi industri manufaktur, energi, makanan, kesehatan, transportasi, militer dan sebagainya. Teknologi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas baik produk maupun proses di industri serta untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan, yang pada akhirnya sangat menentukan daya saing suatu industri maupun daya saing bangsa.

Untuk lebih mengenalkan hasil-hasil penelitian dalam bidang otomasi, kontrol dan instrumentasi ke masyarakat serta memberikan sarana untuk bertukar informasi bagi para peneliti, praktisi dan pengguna teknologi tersebut, Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Instrumentasi (Society of Automation, Control and Instrumentation) telah menerbitkan suatu jurnal ilmiah di bidang yang disebutkan di atas.

Pada penerbitan perdana, makalah-makalah ilmiah yang dipublikasikan merupakan hasil kegiatan riset di lingkungan Institut Teknologi Bandung dan sebuah makalah dari universitas KEIO Jepang. Namun untuk penerbitan selanjutnya jurnal ini dipersiapkan agar dapat menyajikan makalah-makalah dari berbagai universitas maupun industri baik di dalam negeri dan luar negeri. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami sebagai pengurus jurnal telah mengundang para ahli/pakar baik sebagai peneliti dari berbagai universitas maupun praktisi dari industri sebagai anggota tim editor. Kami juga mengundang para peneliti, praktisi dan pengguna teknologi di bidang yang dimaksud untuk menerbitkan makalah hasi penelitian yang dilakukan di jurnal ini.

Jurnal ini akan didistribusikan ke berbagai universitas, lembaga penelitian, industri serta individu terkait, dan akan diterbitkan secara berkala. Kami berharap dalam beberapa tahun ke depan, jurnal ini sudah terakreditasi. Dengan demikian, dapat diharapkan misi jurnal ini sebagai bagian dalam pengembangan dan diseminasi ilmu dan teknologi otomasi, kontrol dan instrumentasi dapat tercapai.

Terakhir, kami sampaikan terima kasih yang sebesarnya kepada para penulis yang telah mengajukan makalahnya untuk diterbitkan di jurnal ini dan kepara para pengurus Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Instrumentas yang telah menginisiasi jurnal ini. Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada para ahli/pakar atas kesediaanya menjadi editor jurnal ini.

Hormat Kami,

Tim Editor

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendapatkan jurnal, silakan kirimkan email ke jurnal_oki[at]instrument[dot]itb[dot]ac[dot]id

atau dapat mengunjungi web site jurnal OKI di http://journals.itb.ac.id/index.php/joki/ 

P
rofile Scholar : Jurnal_OKI ~ Google Scholar Citations